• Arsip

  • Pendataan Anggota

    Formulir Data

    Cek Data

  • Info Beasiswa

    beasiswasulsel.jpg

  • Link Pendidikan

    header_011.jpg

    belajar.jpg

    puspendikcom.jpg

    p4tk2.gif

    logo

    imo

    pmri2.gif

    science

    guru<br />

    klubguru<br />

  • Tulisan Teratas

  • Admin

media pembelajaran

ABSTRAK

LEMBAR KERJA SISWA DAN POWER POINT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN  PECAHAN

Oleh :

Sudalto, S.Pd.

Pengembangan media LKS ini merupakan  hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendiskripsikan teknik pemberian tugas melalui  LKS ( Lembar Kerja Siswa ) efektif  dalam meningkatkan kualitas pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas VII Semester 1 . Selain itu, pengembangan media  ini juga bertujuan untuk menemukan solusi hambatan yang dihadapi dalam teknik pemberian tugas melalui LKS.

Sasaran penggunaan LKS yang dipadukan dengan power poin  adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP semster 1. Permasalahan pada operasi hitung bilangan pecahan merupakan sumber aspirasi penulis untuk mengembangkan LKS yang lebih menitik beratkan pada peristiwa  operasi hitungnya. Sehingga siswa dalam mengikuti pembelajaran terasa mudah untuk memahami konsepnya.

LKS yang dipadukan dengan penggunaan program power poin, dapat membantu dalam penguatan-penguatan dari hasil diskusi siswa. Disamping itu , power poin dapat menarik perhatian secara fokus . Sehingga  power poin dapat mendorong motivasi siswa dalam pembeljaran

Pengambilan data Kualitatif dengan menggunakan Lembar Observasi Aktiivitas Guru dan Lembar Observasi Aktivitas Siswa . Sedangkan data kuantitatif pengambilannya dengan menggunakan Tes berbentuk soal uraian pada setiap Siklus dan pada akhir Kompetensi Dasar. Data kualitatif yang telah diperoleh dianalisis dengan mengacu pada kriteria pembelajaran yang aktif, efektif , kreatif dan menyenangkan. Adapun data kuantitatif yang telah diperoleh, dianalisis dengan pedoman Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ).

Hasil analisis data kualitatif diperoleh bahwa pembelajaran berlangsung dengan aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan. Hasil analisis kuantitatif diperoleh ketuntasan klasikal ( prosentase banyaknya siswa yang tuntas ) adalah 94%. Hal ini menunjukan bahwa teknik pemberian tugas melalui LKS yang dipadukan dengan power poin sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dan pecahan pada siswa kelas VII semester 1.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: